Polip Pada Hidung

Polip Pada Hidung – Polip atau sinusitis adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada proses pernapasan, terutama bagian dalam hidung. Hidung mengalami gangguan karena sinusnya membengkak. Bengkaknya sinus adalah karena pembuluh darah baliknya menyempit, sementara pembuluh darah nadinya tetap dilalui darah dengan kuat yang membuat sinus menggelembung. Karena sinus menggelembung, lubang hidung menjadi menyempit dan tertutup sehingga udara tidak dapat melalui lubang hidung. Penyempitan lubang hidung bisa terjadi pada lubang hidung kanan ataupun kiri. Lubang hidung yang tersumbat disebabkan oleh tumbuhnya polip secara permanen ataupun insidential (temporer)-tergantung dari aktivitas pasien itu sendiri ataupun suhu udara di waktu tertentu.

 Polip Pada Hidung

Polip Pada Hidung

Penyakit Polip

Penderita/pasien yang merasa pusing, selalu pilek dan ada kalanya keluar bau tidak sdap dari rongga hidung dan rongga mulut adalah salah satu gejala penyakit Polip Pada Hidung.

Harus Anda ketahui bahwa penyakit polip hidung bukanlah suatu penyakit yang berdiri sendiri. Pembentukan dari penyakit polip hidung sangat berhubungan erat dengan berbagai masalah pada THT lainnya misalnya adalah dengan penyakit rinitis alergi, penyakit asma, radang kronis yang terjadi pada mukosa hidung daerah sinus paranasal, kista fibrosis, intoleransi pada aspirin dan juga hal lainnya. Hingga saat ini masih belum ada penyebab jelas dari penyakit polip pada hidung yang mendasari dari munculnya benjolan putih dengan warna keabu-abuan yang bertangkai tersebut. Namun menurut salah sat studi yang dilakukan, ada beberapa faktor yang bisa memudahkan terjadinya proses munculnya polip hidung. Antara lainnya adalah seperti radang kronis yang terjadi dengan berulang pada mukosa hidung dan juga pada kasus sinus paranasal, gangguan yang terjadi pada keseimibangan vasomotor, peningkatan yang terjadi pada cairan interstitial serta edema atau pembengkakan yang terjadi pada mukosa hidung.

Dengan munculnya faktor alergi dan juga terjadinya radang kronis secara berulang-ulang, maka hal ini akan terjadi suatu perubahan pada bagian mukosa hidung, selain itu perubahan yang terjadi pada pembuluh darah dan juga pada pembuluh limfe. Keadaan seperti ini kemudian akan berkembang menjadi suatu hambatan balik dari cairan intersititial. Cairan ini kemudian akan berkumpul dan akan membentuk suatu bendungan yang sifatnya pasif. Dan dari keadaan ini maka lama kelamaan akan berkembang menjadi suatu pembengkakan pada mukosa hidung. Semakin lama proses ini terjadi, maka penonjolan pada mukosa hidung juga akan semakin bertambah panjang sampai hingga akhirnya akan membentuk suatu tangkai, dan pada akhirnya akan membetuk polip.

Gejala Polip Hidung

Gejala yang muncul dari penyakit polip salah satunya adalah bentuk penyumbatan hidung. Biasanya mereka yang menderita penyakit polip akan mengeluhkan adanya suatu penurunan pada fungsi indera penciuman. Karena pada indera perasa berhubungan langsung dengan indera penciuman, maka penderita juga bisa mengalami suatu penurunan pada fungsi indera perasa serta indera penciuman. Pada penyakit polip hidung juga akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada drainase lendir yang dimulai dari sinus ke daerah hidung. Kemudian penyumbatan ini akan menyebabkan terjadinya timbunan lendir di dalam sinus. Lendir yang terlalu lama berkumpul di dalam sinus akan menyebabkan terjadinya infeksi dan pada akhirnya akan terjadi suatu sinusitis. Penderita anak-anak yang sering menderita suara sengau dan bernapas lewat mulut mereka.

Jadi gejala penyakit polip bisa terjadi dengan bervariasi, yang dimulai dari kasus penyakit pilek yang terjadi lebih lama, bersin-bersin, hidung yang mengalami sumbatan yang sifatanya menetap, mengalami mimisan, dan keluhan serta adanya suatu massa pada hidung, susah untuk buang ingus, mengalami masalah gangguan penciuman serta bentuk hidung yang tidak lagi simetris atau sama, mengalami bengek atau bindeng serta telinga yang terasa penuh.

Selain itu, gejala penyakit polip pada hidung bisa ditandai juga dengan hal-hal dibawah ini:

  1. Tidur mendekur atau susah tidur
  2. Lendir dan terasa kering pada bagian tenggorokan
  3. Sakit kepala dan lainnya.

Semua kelihan tersebut biasanya bisa menjadi sangat mengganggu dan bisa mempengaruhi kualitas hidup dari si penderita penyakit polip pada hidung. Salah satu studi yang dilakukan menunjukkan perbandingan dari kasus penyakit polip yang menyerang pria lebih besar 2-3 kali lipat dibandingkan dengan wanita. Dengan angka kejadiannya adalah sekitar 0-2%-4,3%.

Ciri-ciri penderita penyakit Polip Pada Hidung, yaitu :

  •  Sering keluar cairan dari lubang hidung
  • Suara terkesan sengau (bindeng)
  • Udara tidak bisa keluar dari salah satu sisi lubang hidung atau keduanya

Akibat Penyakit Polip Pada Hidung

  1.  Mudah pusing
  2. Sering bersin
  3. Terasa gelisah
  4. Napas berbau tidak sedap atau bau mulut
  5. Daya tahan tubuh rendah (lemah)

Cara Mencegah Polip

Cara Mencegah Polip

  • Berolahraga supaya jantung kuat
  • Jangan terlalu sering mengorek-orek hidung
  • Jangan minum es

Pengobatan Penderita Polip

  • Pijat pada bagian dahi kanan dan kiri, diatas alis
  • Pijat pada tulang pipi kanan dan kiri
  • Pijang tulang kepala di atas telinga kanan atau kiri
  • Pijat leher bagian belakang kanan dan kiri kurang lebih 1 menit
  • Pijat bagian kaki seperti penyakit lain, kemudian minum air putih hangat
  • Pasien perlu melakukan gerakan seperti back-up (telungkup mengangkat kepala dan dua kaki) kurang lebih 1 menit diulang sampai kurang lebih 3 kali
  • Pasien berdiri dengan kaki dilipat kurang lebih 10 menit

 Polip Pada Hidung


=====================================

>>> Obat Polip Hidung Untuk Membantu Mengatasi Polip Hidung, Sebagai Antibiotik, Anti inflamasi, Mengurangi Rasa Sakit dan Memperbaiki Organ Yang Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Polip and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Polip Pada Hidung

  1. apakah mencium aroma seperti darah juga merupakan akibat dari polip? mohon di balas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>