Penyakit Polip

Penyakit polip adalah suatu pertumbuhan atau tumor yang bertangkai pada mukosa rongga tubuh yang  tumbuh menonjol dan masuk ke dalam lumen. Tangkai dapat sempit (pedunculated) atau lebar (sessile). Mukosa yang melapisi polip dapat bermacam-macam, tergantung dari tempat poli itu berasal, dapat berupa epitel kubis, torak bertingkat, dan lain-lain. Polip yang dijumpai di kandung kencing dan rectum sering menjadi ganas. Berbeda dengan polip, istilah papiloma digunakan untuk tumor jinak bertangkai pada sel epitel permukaan luar dari tubuh. Sediaan berasal dari polip pada leher rahim (polip serviks uteri).

 Penyakit Polip

Penyakit Polip

Penyakit Polip

Penyakit polip adalah lesi yang muncul dipermukaan mukosa dan menonjol ke dalam lumen. Biasanya polip didefinisikan secara patologi sebagai pertumbuhan jaringan epitel berlebihan  yang bisa hiperplastik atau neoplastik serta jinak atau ganas. Polip tampak pada enema barium sebagai bayangan negative di dalam lumen dan dapat telihat  selama proktosigmoidoskopi atau kolonoskopi. Polip bisa tunggal atau majemuk,, berpendukulasi (bertangkai) atau sesil ( datar tanpa tangkai). Polip bisa muncul sporadic atau sebagai bagian sindrom poliposis familial yang diturunkan secara dominan. Walaupun polip bisa menyebabkan gejala, namun kemungkinannya bagi transformasi ganas menjadi kekhawatiran terbesar.

Mekanisme dari patogenesis yang mempunyai peran dalam terjadinya proses pertumbuhan penyakit polip hidung hingga saat ini masih sulit untuk ditentukan. Namun adanya faktor-faktor yang bisa memperngaruhi dari proses terjadinya pembentukan polip, misalnya adalah :

  1. Proses peradangan yang bisa diakibatkan karena penyebab secara multifaktorial dan termasuk adalah familiar dan juga akibat faktor herediter.
  2. Aktivasi yang terjadi pada respon imun lokal.
  3. Hiperaktivitas yang terjadi dari persarafan pada parasimpatis.

Dan dari semua jenis imunoglobulin yang bisa ditemui untuk kasus penyakit polip nasi, namun peningkatan kadar IgE merupakan salah satu jenis yang paling tinggi dan banyak ditemukan bahkan jika dibandingkan juga dengan tonsil atau serumnya sekalipun. Kadar dari IgG, IgA, dan IgM yang ada dengan jumlah yang bermacam-macam, dimana terjadinya peningkatan jumlah ini baisanya akan menunjukkan adanya suatu infeksi dibagian saluran napas.

Untuk beberapa mediator inflamasi yang memang juga ditemukan di dalam penyakit polip. Histamin merupakan salah satu mediator yang paling besar yang konsentrasi di dalam stroma polipnya mencapai 100-1000 konsentrasi serum. Mediator kimia yang lainnya yang juga berperan dalam patogenesis dari nasa polip merupakan Gamma Interferin atau IFN-y dan juga Tumour Growth Factor β (TGF- β). IFN-y yang bisa menyebabkan migrasi serta aktivasi dari eosinofil yang lewat pelepasan pada toksiknya juga berperan atas terjadinya kerusakan pada epitel dan juga sinstesis kolagen akibat fibroblas. TGF- β yang biasanya tidak ditemukan di dalam mukosa normal adalah salah sati faktor yang paling kuat yang bisa menarik fibroblas dan merangsang sintesis matrik ekstraseluler. Peningkatan mediator ini pada akhirnya akan membuat mukosa rinosinusal mengalami kerusakan yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya peningkatan pada permeabilitas pada natrium sehingga akan mencetuskan dari terjadinya edema submukosa pada penyakit polip nasi.

Fenomena bernouli yang mengatakan bahwa udara yang mengalir dari celah yang sempit biasanya akan menyebabkan terjadinya tekanan secara negatif pada daerah sekitarnya, sehingga pada jaringan yang lemah biasnaya akan terhisap oleh suatu tekanan yang negatif ini sehingga akan menimbulkan terjadinya penyakit polip. Kejadian seperti ini bisa menjelaskan alasan kenapa polip kasusnya kebanyakan terjadi pada tempat yang sempit di kompleks osteonasal.

Prognosis Penyakit Polip

Selain itu, patogenesis dari penyakit polip yang awalnya banyak ditemukan suatu pembengkakan pada selaput permukaan yang juga kebanyakan ada pada meatus medius, dan kemudian pada stroma baisanya akan terisi dengan cairan interseluler sehingga pada selaput permukaan yang sembab akan menunjukkan benjolan-benjolan. Jika proses ini terus mengalami pembesaran dan kemudian akan turun ke dalam rongga hidung sambil kemudian akan membentuk suatu tangkai sehingga muncullah penyakti polip.

Ciri-ciri penderita penyakit polip adalah :

  • Sering keluar cairan dari lubang hidung
  • Suara terkesan sengau (bindeng)
  •  Udara tidak bisa keluar dari salah satu sisi lubang hidung atau da-duanya.

Akibat penyakit polip adalah :

  • Mudah pusing atau sakit kepala
  • Sering bersin
  • Terasa gelisah
  • Napas berbau tidak sedap
  • Daya tahan tubuh rendah (lemah).

Pencegahan penyakit polip adalah dengan cara :

  • Berolahraga supaya jantung kuat
  • Jangan terlalu sering mengorek-ngorek hidung
  • Jangan minum es

Pengobatan penderita polip  adalah :

  • Pijat pada bagian dahi kanan dan kiri, diatas alis
  • Pijat pada tulang pipi kanan dan kiri
  • Pijat leher belakang kanan dan kiri kurang lebih 1 menit.
  • Pijat bagian seperti penyakit lain, kemudian minum air putih hangat.
  • Penderita perlu melakukan gerakan seperti back-up (telungkup mengangkat kepala dan dua kaki)  kurang lebih 1 menit diulang sampai kurang lebih 3 kali.
  • Terakhir, pasien berdiri dengan kaki dilipat kurang lebih 10 menit.

Obat Polip Hidung Alami

Resep ramuan tradisional yang biasa digunakan untuk mengobati polip sebagai berikut :

Bahan  :

Tujuh lembar daun sirih, satu genggam daun cemara, dan satu jari kunyit.

Cara membuat :

Kunyit dikupas , dicuci, lalu diparut. Bahan-bahan lain dicuci bersih, lalu direbus bersama parutan kunyit. Air yang digunakan sebanyak sepuluh  gelas air air. Bahan-bahan tersebut didihkan hingga air tebusan tersisa sekitar delapan gelas. Aor rebusan tersebut dituangkan ke dalam panic.

Cara memakai :

Kepala penderita diselubungi dengan handuk. Kepala ditempatkan tepat diatas panic lalu uapnya dihirup. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari pada pagi dan sore hari sampai penyakitnya benar-benar hilang.

 Penyakit Polip

 


=====================================

>>> Obat Polip Hidung Untuk Membantu Mengatasi Polip Hidung, Sebagai Antibiotik, Anti inflamasi, Mengurangi Rasa Sakit dan Memperbaiki Organ Yang Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Polip. Bookmark the permalink.

One Response to Penyakit Polip